Babinsa Besama Bhabinkamtibmas Dampingi Kemenhut RI Sosialisasi Kepada Masyarakat Pinggiran Hutan

24 views
A+A-
Reset

Tjakramedia.com, Sungailiat – Babinsa Koramil 0413-01/Sungailiat Bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan pendampingan Tim Inhutani dari kementrian RI melaksanakan patroli di kawasan Inhutani wilayah Kel.sinar jaya jelutung Kecamatan sungailiat kab BangkaKamis (09/05/2024).

Dalam kesempatan kali ini Babinsa melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial dan patroli dengan petugas Perhutani. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membahas penanganan pola keamanan hutan dari polisional menjadi berbasis kemasyarakatan yang diimplementasikan melalui sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan kegiatan pembinaan teritorial masyarakat desa pinggir hutan.

Sertu Purnawirawan selalu mendukung kegiatan-kegiatan di wilayah yang sudah menjadi tanggung jawab sebagai seorang Babinsa, dan selalu berperan aktif dan koordinasi dengan berbagai pihak yang ada di wilayah.

Ketua Tim Inhutani Bpk Hery S.STP. menyampaikan kepada petugas Perhutani agar selalu Koordinasi dan bekerja sama dalam hal apapun untuk menghindari konflik-konflik di lapangan, seperti konflik tenurial, illegal logging, illegal mining, sejalan dengan meningkatnya keharmonisan antara Perum Perhutani dengan Masyarakat.

petugas perhutani mengatakan, Perum Perhutani telah menerapkan prinsip manajemen pengelolaan hutan lestari dengan menempuh tiga aspek kelola, yaitu aspek lingkungan, ekonomi dan sosial yang berimbang. Aspek-aspek sosial sangat diperhatikan, dengan fokus kondisi sosial masyarakat desa sekitar hutan, dimana interaksi dan tingkat ketergantungannya tersebut semakin tinggi seiring dengan tingkat pertumbuhan penduduk di sekitar hutan. Interaksi sosial tersebut dapat bersifat baik ataupun negatif akan sangat mempengaruhi proses pengelolaan hutan lestari. Terciptanya hubungan yang harmonis antara Perum Perhutani dan Masyarakat Desa Hutan melalui sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) Plus akan akan berpengaruh positif, seperti adanya partisipasi dan kolaborasi dalam semua aspek pekerjaan kelola hutan. Ungkapnya.

Pendim 0413/Bangka

You may also like