Asep Maryono (Mantan Kajati Babel), Menjadi Kandidat Dalam Ajang Adhyaksa Awards 2024

44 views
A+A-
Reset

Tjakramedia.com, Pangkalpinang – Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung (Kajati Babel), Asep Maryono masuk nominasi dalam ajang Adhyaksa Awards 2024. Terbilang bergengsi, dimana Asep masuk kategori ‘Jaksa Tangguh dalam Pemberantasan Korupsi.

Nama Asep juga dalam kategori itu bersanding dengan 4 nama lainya. Seorang diantaranya lagi tenar efek dari penyidikan tipikor tata niaga pertimahan, tak lain adalah Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung, Kuntadi. Seorang lagi Direktur Penuntutan KPK, Bima Suprayoga.

Asep sendiri menjabat sebagai Kajati sejak Februari 2023 s/d April 2024. Kini dia jabat Kepala Biro Perlengkapan Jambin Kejagung.

Adhyaksa Awards sendiri baru digelar pertama kalinya dengan memiliki 5 dewan pakar. Di antaranya Muhammad Fauzan (Dekan FH Universitas Jenderal Soedirman). Boyamin Saiman (Koordinator MAKI). Barita Simanjuntak (Ketua Komisi Kejaksaan 2015-2019 dan 2019-2023) dan Ahmad Sahroni (Wakil Ketua Komisi III DPR RI).

Sebelumnya dewan pakar itu telah memilih 25 nama kandidat untuk 5 kategori: (1) Jaksa Teladan Dalam Integritas. (2) Jaksa Inovatif Dalam Penegakan Hukum. (3) Jaksa Tangguh dalam Pemberantasan Korupsi. (4)Jaksa Penegak Keadilan Restoratif da (5) Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat.

Para kandidat tersebut dipilih dari usulan masyarakat melalui formulir digital hingga usulan dari kejaksaan. Panitia lalu melakukan verifikasi usulan tersebut dengan menghubungi pengusul, hingga bertanya langsung pada kandidat.

Adapun pemenang akan diumumkan pada 5 Juli 2024 nanti. (Red).

You may also like